BERITA & KEGIATAN

Klinik Darma Nusantara : Cegah Penyakit Diabetes dan Hipertensi “Menetap” di Tubuh Kita

 

Serpongupdate.com  –  Klinik Darma Nusantara, Kabupaten Tangerang mengadakan kegiatan penyuluhan hipertensi (darah tinggi) dan diabetes (kencing manis). Program layanan langsung ini merupakan salah satu program CSR untuk memberikan edukasi dan menekan pertumbuhan kedua penyakit tersebut di masyarakat.

Dikemas dalam kegiatan bakti sosial (Baksos), Klinik Darma Nusantara dan Yayasan Adidarma melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang berada di RW 01, Kampung Kadu, Tanggerang, pada Sabtu 7 April 2018.

Dipilihnya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terkait penyakit diabetes dan hipertensi dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang menderita penyakit ini.

“Dari data BPJS Kesehatan, ada ratusan ribu orang yang menderita diabetes dan hipertensi dengan total biaya yang dikeluarkan hingga mencapai miliaran rupiah per bulannya. Dengan pemeriksaan dan pendeteksian sedini mungkin dapat mencegah penyakit ini “menetap” di tubuh kita,” papar Operational Head Klinik Darma Nusantara dr. Aloysius Arifin dalam keterangan pers kepada sejumlah awak media di lokasi.

Lebih lanjut dr. Aloysius Arifin mengatakan, fakta mengejutkan lainnya adalah jumlah penderita diabetes dan hipertensi bukan lagi milik orang tua yang berusia di atas 50 tahun. Kini, mulai banyak penderita yang usianya masih terbilang belia, berusia 20 tahunan.

Pola hidup yang salah dan pola makan yang tidak benar menjadi sumber masalahnya. Tak heran, jika pemerintah kini memfokuskan program BPJS Kesehatan untuk mencegah penyakit diabetes dan hipertensi.

Mengusung tema “Sadar Sehat untuk Hidup Lebih Sejahtera”, Klinik Darma Nusantara mengajak semua orang untuk hidup lebih sehat sehingga dapat memperoleh kesejahteraan maksimal di hidupnya.

“Hal tersulit untuk bisa hidup sejahtera jika kita memiliki penyakit. Apalagi, jika penyakitnya termasuk kategori berat, seperti diabetes atau hipertensi. Penyakit ini sangat rentan kambuh jika tidak dijaga pola hidup dan makannya. Ditambah, jika malas melakukan pemeriksaan rutin. Maka akan semakin memperburuk keadaan,” papar dr. Aloysius Arifin yang meyarankan jika Anda terdeteksi diabetes atau hipertensi dengan menerapkan pola hidup dan tata cara makan harus memenuhi 3J, yakni jumlahnya, jenisnya, dan jadwal makannya.

Untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini terhadap penyakit hipertensi dan diabetes. Masyarakat Kabupaten Tangerang dan sekitar bisa datang langsung ke Klinik Darma Nusantara yang membukan pelayanan kesehatan untuk umum dan anggota BPJS Kesehatan.

“Kami akan bantu Anda yang ingin membuat BPJS baru atau memindahkan BPJS lama Anda ke Klinik Darma Nusantara,” ucap dr. Aloysius Arifin dengan melengkapi persyaratan  fotocopy KTP dan kartu keluarga, serta nomor rekening.

Selain penyuluhan, juga ada sesi tanya jawab tentang materi yang disampaikan, dan peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut bahkan beberapa peserta menanyakan jadwal kegiatan penyuluhan selanjutnya. (sbr)